INDAH INDAH INDAH

hai hai!

InDaH CwiTte

Minggu, Desember 04, 2011

Pandangan etika terhadap praktek bisnis yang curang


Pandangan etika terhadap praktek bisnis yang curang

Etika berarti pandangan hidup atau pedoman bagaimana sebaiknya berlaku. Jadi, etika bisnis adalah bagaimana pandangan hidup atau bagaimana sebaiknya berlaku dalam bisnis. Etika bisnis memiliki semangat mempersempit wilayah abu-abu di dalam pengambilan keputusan. Jelas, meninggalkan wilayah merah yang tidak diterima secara etika. Benturan kepentingan, penyalahguna?an jabatan, menerima atau memberi gratifikasi, menerima atau memberi gift dan entertainment dari atau kepada rekanan/mitra kerja, telah ramai dibicarakan sejauhmana hal-hal itu telah melanggar etika bisnis. Termasuk di dalamnya terdapat dilema etika bisnis. Praktek penerapan etika bisnis yang paling sering kita jumpai pada umunya diwujudkan dalam bentuk buku saku “code of conducts” atau kode etik dimasing-masing perusahaan. Hal ini barulah merupakan tahap awal dari praktek etika bisnis yakni mengkodifikasi-kan nilai-nilai yang terkandung dalam etika bisnis bersama-sama corporate-culture atau budaya perusahaan, kedalam suatu bentuk pernyataan tertulis dari perusahaan untuk dilakukan dan tidak dilakukan oleh manajemen dan karyawan dalam melakukan kegiatan bisnis.

Sebagai contoh Pengadilan New York menuduh sebuah perusahaan perangkat komputer melakukan "suap dan pemaksaan" untuk membuat produsen komputer membeli chip dari perusahaannya. Jaksa penuntut Andrew Cuomo mengatakan gugatan federal anti-persaingan dilayangkan pada perusahaan tersebut, setelah penyelidikan selama hampir dua tahun. Perusahaan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "keputusan untuk mengajukan gugatan terhadap kita salah". Semakin cepat perusahaan perangkat computer  ditindak, semakin cepat seluruh industri komputer dapat melanjutkan, kata Ed Black, ketua asosiasi industri komputer dan komunikasi. Pada bulan Mei, perusahaan perangkat computer tersebut  didenda US$ 1.5 miliar oleh otoritas persaingan Eropa. Perusahaan membantah dengan mengatakan tidak bersalah dalam kasus itu dan sekarang sedang dalam proses naik banding.  Cuomo mengatakan perusahaan tersebut, pembuat perangkat computer semikonduktor terbesar di dunia, telah terlibat dalam sebuah "kampanye sistematis yang ilegal di seluruh dunia". "Daripada bersaing dengan adil, perusahaan perangkat computer tersebut menggunakan penyuapan dan paksaan untuk memelihara cekikan di pasar," ia menambahkan. "Tindakan perusahaan prangkat computer itu tidak adil bagi pesaing potensial, serta melukai konsumen yang merasa dirampok dengan mengatakan produk lebih baik dan harga yang lebih rendah." Cuomo mengatakan rincian kasus terungkap dalam pertukaran email yang terjadi. Perusahaan computer tersebut dituduh membayar jutaan dolar setiap tahunnya sebagai imbalan bagi pembuat komputer atas pembelian chip yang mereka lakukan.

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat. Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.

2 komentar:

  1. MAAF YA JIAKA ADA KATA-KATA YANG TIDAK BERKENAN KARANA INI HANYA UNTUK BELAJAR DAN TUGAS. TERIMA KASIH

    BalasHapus

Untuk Di baca


Tips Sehat Hari Lebaran Idul Fitri Bugar Fit Prima Foto Gambar Masakan Makanan Lezat Enak Halal

Tips sehat saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri ini merupakan rangkaian artikel terakhir Rumah Islami setelah sebelumnya saya telah menyajikan tips sehat buka puasa di bulan Ramadhan.

Lebaran merupakan puncak dari usaha untuk memenuhi kewajiban dan perjuangan menahan nafsu satu bulan lamanya, khususnya keinginan untuk makan dan minum. Saat bulan suci Ramadhan 2009 berakhir dan batasan untuk bersantap di pagi dan siang hari telah hilang, mulailah kebiasaan lama muncul kembali: mengkonsumsi makanan tanpa berpikir akibat atau dampaknya karena dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus!

Hal ini dapat dimaklumi karena biasanya makanan dan masakan yang disajikan saat Lebaran lain dari biasanya dan ditambah aneka kue kering Lebaran yang sangat mengundang selera :)

Namun demikian, yang paling penting adalah jangan menjadikan Hari Idul Fitri sebagai ajang balas dendam karena telah menjalankan kewajiban berpuasa. NIkmati sajian hari Lebaran dengan cerdas dan tetap menjaga kesehatan agar senantiasa kuat dan bertenaga paska atau setelah puasa dan Lebaran.

Mudah-mudahan artikel berikut ini membuka hati kita untuk senantiasa menjaga tubuh agar tetap sehat fit bugar di Hari Lebaran Idul Fitri 1430H. Amin.

Hindari Makan Berlebih Saat Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri kurang dari tiga minggu lagi. Pesta hari raya umat muslim ini, lekat dirayakan dengan menghidangkan makanan dan minuman mewah yang lain dari hari-hari yang biasa. Menanggapi hal ini, Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Dr. Epistel Simatupang mengingatkan agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan kendati tengah merayakan hari raya.

"Meski Idul Fitri tetapi jangan makan yang berlebihan. Tetap pada pola diet yang sehat," ujar Epistel, Jakarta, Sabtu (29/8).

Saat Idul Fitri memang kerap menghidangkan makanan bersantan dan pedas, seperti opor ataupun rendang. Selain itu, juga banyak dihidangkan kue-kue dan minuman bersoda yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Menurut Epistel jika jenis makanan dan minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka akan memicu asam lambung berlebih dalam tubuh ataupun mengakibatkan stroke. Karena itu, dia mengingatkan agar pintar memilih makanan dan tetap menghindari makanan yang memiliki kadar gula tinggi dan berlemak. "Perlu juga tetap konsumsi makanan berserat dan minum yang cukup untuk menjaga hidup sehat," katanya.

Sumber: Kompas.com

Komen donk!

Persahabatan


Lihat Kartu Ucapan Lainnya (KapanLagi.com)